Bukan Mocin, MBK Evolis Kembaran Yamaha XMax Di Prancis

Berawal dari rasa penasaran melihat postingan foto di grup FB XMax, ada penampakan motor yang mirip banget dengan Yamaha XMax. Namun tulisan di body adalah Evolis, awalnya Lamik pun menduga klonengan dari negeri tirai bambu yang terkenal dengan meng-kloneng motor-motor ternama di dunia.

Namun, hasil pencarian di google membantah opini tersebut. Dari situs resmi mbk.fr, ternyata evolis adalah motor produk dari merek MBK. Lamik pun mampir ke situs wikipedia.org, ternyata MBK adalah produsen motor scooter kenamaan di Prancis, dan anak perusahaan dari Yamaha Motor Company Ltd. Owaalaaahh..pantes saja XMax ada kembaran yang bernama Evolis. Jadi bukan mocin ya sob..

Berikut fakta dan sejarah MBK yang Lamik sadur dari wikipedi.org :

MBK ( diucapkan dalam bahasa Prancis [ɛm.bœ.kɑ] ), merupakan anak perusahaan Yamaha Motor Company , MBK adalah produsen Scooter Prancis yang bermarkas di Rouvroy, Picardy, Prancis. Cikal bakal perusahaan ini didirikan pada tahun 1923 dengan nama Motobécane dan selama bertahun-tahun menjadi produsen sepeda motor terbesar di Prancis.

Model awal yang diproduksi menggunakan mesin 500cc silinder empat silinder in-line, dengan unit gearbox dan shaft drive. Pada tahun 1930-an Motobecane menjadi produsen sepeda motor terlaris dan selama masa pasca-perang dunia, perusahaan tersebut melakukan diversifikasi ke produksi moped, menjual dua roda di bawah dua bendera: Motobecane dan Mobylette. Setelah menciptakan merek MBK di awal tahun delapan puluhan, skuter menjadi bisnis inti perusahaan.
Selama dekade terakhir, skuter MBK telah memainkan peran utama dalam penjualan skuter Eropa.

Selain menjadi pemimpin pasar di Perancis, MBK juga merupakan best-seller di Italia dengan saham yang signifikan di Jerman, Belgia, Swiss, Portugal, Yunani, UK, Irlandia, Austria, pasar Spanyol dan Finlandia.

Salah satu jajaran model perusahaan yang lebih populer adalah MBK Booster . Ini dijual dengan motor 50cc atau 125cc.

1923: Motobécane didirikan.

1924: Model pertama Motobécane, motor 175 CC, diproduksi.

1949: Memulai kebijakan peluncuran mesin kecil. Perusahaan membuat langkah nyata.

1951: Motobécane mulai mendesentralisasikan dengan membangun sebagian besar manufakturnya di Saint-Quentin, dans l’Aisne.

1974: Perusahaan membeli Velosolex.

1984: MBK Industrie mengambil alih kegiatan Motobécane, dengan pasangan baru: Yamaha Motor Company Ltd .

1989: Pabrikan Jepang membawa modal ke 265 MF, untuk memegang 99% dari itu.

1999: Skuter juta era MBK meninggalkan pabrik Saint-Quentin. Pada tahun yang sama, MBK meluncurkan Stunt seputar konsep revolusioner dan tunggal: “Le skuter free ride” (skuter freeride).

Woww.. menarik juga sejarahnya ya sob.. Bagaimana perusahaan merek sepeda motor berdiri sejak jaman perang dunia dan tetap bertahan hingga sekarang. Yang lebih menarik buat Lamik adalah bagaimana cara MBK menjelma menjadi anak perusahaan dari Yamaha Motor Company Ltd, yupp dengan model dan engine yang sama dengan Yamaha namun, menggunakan merek dan logo MBK Evolis itu yang bikin Lamik berdecak kagum. Kenapa Indonesia tidak mau mencontoh hal hebat yang seperti ini ya? Yahh..sudahlah.. bla.. bla.. bla..

Ehh..Evolis ini bisa jadi bahan rujukan sobat buat modif lohh.. dengan memakai logo/striping Evolis, maka cita rasa Prancis yang anti-mainstream bisa sobat dapat untuk XMax kesayangannya. Tul gak? Kalau gak mau, ya sudah.. jangan dipaksakan..!! Hehe

See you 🙂

Sumber berita : mbk.fr & wikipedia.org

Sumber foto : mbk.fr
 

9 Balasan untuk “Bukan Mocin, MBK Evolis Kembaran Yamaha XMax Di Prancis”

Tinggalkan Balasan