Estimasi Bore Up Mesin Yamaha LEXi Jadi 155cc Pakai Part Aerox

Bukan rahasia lagi kalau Yamaha LEXi 125 dikembangkan dari basis Aerox 155, mesin khususnya. Dimana LEXi yang merupakan adik bungsu keluarga MAXI Yamaha ini juga dijejali teknologi VVA + 4 klep. Ukuran stroke (langkah piston) LEXi maupun Aerox memiliki kesamaan yaitu, 58,7 mm. Sedangkan untuk diameter piston, tentu LEXi lebih kecil karena kapasitas mesinnya hanya 125 cc. Ukuran diameter cylinder LEXi hanya 52 mm, sedangkan Aerox sebesar 58 mm. Berikut kutipan dari artikel goozir.com :

“Mesin Yamaha Lexi basisnya dari Yamaha Aerox,” buka Ridwan Arifin, Staff Service Education PT. YIMM.

“Perbedaannya di mapping ECU, durasi camshaft, diameter piston, blok silinder dan roller di CVT saja. Selebihnya sama,” yakinnya.

Bahkan, diameter throttle body masih sama-sama 28 mm, pully di CVT hingga belt juga sama.

“Beda di CVT hanya bobot roller, Lexi pakai 11 gram, Aerox 13 gram,” rincinya detail

Jadi makin asik nih buat sobat yang ingin upgrade performa “SEXY” LEXi karena ukuran throttle body nya sama, tidak harus ganti kalau Bore up mesin jadi 155 cc. Yang diganti hanya piston dan blok cylinder, lalu berapa sih estimasi biayanya? Ternyata tidak sampai 500 ribu rupiah untuk belanja Yamaha Genuine Part. Bisa sobat intip sendiri harganya di aplikasi E-Part Katalog Yamaha.

  • Cylinder. : Rp. 242.000
  • Piston. : Rp. 145.000
  • Ring Piston (set) : Rp. 64.000
  • Gasket Cylinder (set) : Rp. 24.000
  • Total : Rp. 475.000

Tapi, itu belum termasuk ongkos pasang ya sob. Kapasitas LEXi pun langsung menyamai Aerox jadi 155 cc, keunggulannya bobot LEXi hanya 112 kg, lebih ringan dibanding Aerox dengan berat 127 kg.

Hemm..sepertinya LEXi akan jadi skutik primadona baru penyuka kecepatan nih..

See you 🙂

3 Balasan untuk “Estimasi Bore Up Mesin Yamaha LEXi Jadi 155cc Pakai Part Aerox”

Tinggalkan Balasan