Kasus Mika Reflektor Headlamp New Vario 150 Retak Ditutup Dengan Materai 6000

Awal cerita akun Facebook yang bernama Andika Wisnu Wardana memposting tentang keluh kesah tentang motor All New Honda Vario 150 yang baru berumur dua bulan mengalami keretakan di bagian mika reflektor headlamp. Jujur saja waktu itu saya kurang tertarik menulisnya karena, kerusakan tersebut disadari sesudah mencuci dan motor sudah memasuki usia pakai selama dua bulan. Logika saya mengatakan kenapa tidak dicek dari awal saat serah terima unit? Tapi nalar saya mengatakan mungkin ini faktor kelalaian konsumen, karena perasaan bahagia dan sangat menyukai kendaraan baru tersebut.

Kemudian muncul lagi postingan klarifikasi dari Andika Wisnu Wardana, bahwasannya kasus tersebut telah ditutup. Pihak MD HSO Semarang mau melakukan pergantian sparepart tapi, dengan catatan sebagai bentuk klaim layanan dan bukan klaim garansi. Dan yang paling menarik adalah persetujuan konsumen dengan tanda tangan disertai materai 6000, inilah yang membuat saya jadi tertarik menulisnya. Namun, sangat disayangkan postingan awal konsumen telah dihapus, untungnya screenshot postingan Andika Wisnu Wardana masih tersimpan rapi di blog stayokayontheroad.wordpress.com.

KRONOLOGI :

Pemilik kendaraan menghubungi Honda Jakarta perihal masalah tersebut lalu, diberi petunjuk untuk mendatangi AHASS Dealer CM Jaya untuk melakukan pengecekan. Namun sayangnya klaim konsumen gagal dengan alasan motor tersebut diduga telah mengalami tabrakan, pihak AHASS melihat body motor bagian depan telah mengalami rekondisi, karena terdapat bekas amplas dan repainting.

Tidak mau menyerah karena konsumen merasa tidak pernah menabrak sejak membelinya, akhirnya konsumen diarahkan ke Astra Honda Gajahmada, namun hasilnya tetap sama. Malah konsumen disuruh kembali ke AHASS CM Jaya dan hasilnya tetap nihil, merasa tidak bersalah dan ingin mendapatkan hak sebagai konsumen, saudara Andika mengatakan akan memposting di media sosial. Sayangnya tanggapan AHASS CM Jaya terlanjur membiarkan hal tersebut terjadi, merasa dirugikan konsumen melanjutkan cerita ke media sosial tentang kekecewaannya terhadap pihak dealer yang tidak memberikan solusi dan tuduhan bahwa motor pernah mengalami tabrakan.

CASE CLOSE :

Entah bagaimana ceritanya Andika Wisnu Wardana kembali bercerita ke media sosial, namun kali ini kabar suka yang dibawa. Motornya berhasil mendapatkan klaim dari Main Dealer, namun bukan klaim garansi motor baru yang belum dipakai setahun, malainkan sebagai bentuk dari pelayanan Dealer CM Jaya beserta pihak Astra Honda selaku Main Dealer di Jawa Tengah.

Pergantian reflektor lampu depan dan cover body depan diselesaikan dalam kurun waktu 2 s/d 3 bulan, dikarenakan menunggu part tersebut tersedia alias ready stok.

Solusi dan titik temu antara konsumen, Dealer CM Jaya beserta Astra Honda menegaskan konsumen menerima hasil pertemuan tersebut, bahwasannya kerusakan yang terjadi bukanlah cacat pabrik/produksi, yang masih membuat saya penasaran adalah, kenapa konsumen harus menandatangani surat pernyataan diatas materai 6.000 ya? Mungkin nanti ada press release nya, atau klarifikasi lanjutan dari pihak AHM.

KESIMPULAN :

Apapun alasannya, periksa dulu kendaraan sewaktu serah terima. Baik itu diambil sendiri ke dealer atau diantar kerumah, kembalikan atau tukar bila kondisi kendaraan dalam keadaan yang tidak baik. Contoh bila ada keanehan bagian rangka, per shock bengkok, rembesan oli, dll. Intinya harus periksa semua sob! Jangan terlalu sumringah karena tidak sabar ingin mengendarai motor baru, walaupun harus indent lagi (kalau gak ready stok). Kalau mau cepat, ganti pilihan dengan motor type/merek lain. Ingat satu hal, motor tersebut dibeli dengan uang sendiri, produsen motor bisa besar dan sukses karena kitalah konsumennya!

Untuk dealer juga, jangan tunggu viral dulu baru cari solusi! Konsumen adalah salah satu dari aset utama, ada sumbangsih konsumen dalam gaji dan karir anda! Semua bisa dibicarakan dan mencari solusi yang baik.

See you πŸ™‚

2 Balasan untuk “Kasus Mika Reflektor Headlamp New Vario 150 Retak Ditutup Dengan Materai 6000”

Tinggalkan Balasan