Konsumen Ini Memilih Yamaha NMax 155 ABS Dibanding PCX 150 Lokal

Artikel ringan kali ini bercerita tentang Bro Reza Suhendra yang kemarin (Senin,17/9) membeli New Yamaha NMax 155 ABS lansiran 2018, motor seharga Rp. 31.587.000 (OTR Batam) itu pun dibeli secara cash. Tapi sebenarnya bukan itu yang menarik untuk disimak, melainkan alur rumit yang membuat pengusaha muda pemilik kedai Empek-empek dan makanan khas Palembang di Plaza Batamindo ini yang berpaling dari New Honda PCX 150.

Awalnya Bro Reza meminta pendapat saya mengenai 3 pilihan motor matic yang dia sukai, adalah Lexi 125, Aerox 155 atau PCX 150. Nah loh.. kenapa tidak ada NMax 155 dalam daftar pilihan motor Bro Reza? Kita baca dulu alasannya secara singkat kenapa menyukai ketiga motor tersebut ;

Yamaha Lexi 125 VVA dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Aerox dan PCX, padahal sudah menggunakan speedometer digital dan keyless ignition. Desain Lexi juga sangat disukai istri Bro Reza, dari awal saya melihat langsung motor ini juga sependapat. Garis desain simpel Lexi terlihat ramping dan cocok untuk wanita, padahal bila disandingkan dengan NMax, dimensi keduanya terlihat sama. Cerdik! Tapi sayangnya Lexi belum ada versi rem ABS.

Yamaha Aerox 155 VVA bukan hanya memiliki tampang desain yang sangat sporty, tapi juga power dan torsi besar membuat mantan rider Honda CB 150SF ini jatuh hati. Ditambah berbagai fitur seperti bagasi yang luas, speedometer digital, keyless ignition, ban tubeless tapak lebar, sub-tank shockbreaker dan rem ABS dual-channel, sayangnya kaki tidak bisa selonjoran seperti Lexi dan PCX.

New Honda PCX 150 Lokal merupakan kandidat terkuat diantara ketiga pilihannya, saya ibaratkan motor matic gambot 150 cc ini adalah gabungan dari Lexi dan Aerox. Semua fitur Lexi dan Aerox ada di PCX lokal, desainnya juga sporty namun tetap elegan. Namun sayangnya dimensi PCX 150 lokal dirasa terlalu lebar untuk istrinya, Bro Reza juga menilai ukuran ban kurang imbang dengan dimensi body yang lebar. Rem ABS yang hanya berfungsi untuk ban depan saja, sedangkan ban belakang tidak. Makin parah lagi adanya beberapa berita miring tentang PCX 150 buatan lokal ini di medsos, membuat Bro Reza makin bingung.

Disini saya harus tetap netral, saya terus terangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Lalu saya sarankan Bro Reza mengajak istrinya melihat dan mencoba langsung ketiga motor tersebut ke Main Dealer Honda dan Yamaha yang ada di Batam, karena biasanya di Main Dealer menyediakan unit tes ride untuk calon konsumen. Lalu disinilah anomali tersebut terjadi, ya akhirnya Bro Reza memilih New Yamaha NMax 155 ABS lansiran 2018 warna biru.

Menurut Bro Reza “Busa tempat duduk NMax terasa empuk, bentuk jahitan kulit jok pun terlihat mewah. Ayunan NMax baru terasa lebih nyaman dengan sub-tank (shockbreaker belakang) tapi tetap stabil. Akselarasi dan tenaganya mantap, ini yang paling saya suka,” yakinnya.

Sebagai mantan rider motor naked sport 150 cc, saya yakin dari awal bahwasannya dia akan mencari tenaga besar sebagai pilihan. Itulah kenapa saya sarankan untuk tes dulu sebelum membeli, dan faktor safety seperti rem ABS memang menjadi nilai plus baginya. Tidak lupa faktor support istri juga menjadi hal penentu yang sangat krusial bagi Bro Reza yang sudah lama saya kenal sebagai sosok suami yang sangat sayang istrinya. Spontan saja saya diundang datang setelah motor telah selesai dikirim sampai kerumahnya, lagi-lagi pendapatnya tidak membuat saya jadi kaget “Dimensi body besar namun masih cocok dipakai buat istri, gak kebesaran. Posisi badan lebih nyantai, pegang setangnya enak dan posisi kaki bisa selonjoran. Serasa naik mobil sedan, warna birunya mewah serasa jadi perhatian orang terus selama di jalan (sambil tertawa),” candanya.

Baru sehari umur motornya Bro Reza sudah kirim foto via WhatsApp, NMax miliknya sudah dijahilin. Sudah ganti aksesoris visor lebih tinggi, spion, karet dek dan slider di as roda depan. Katanya ke depan akan ganti lampu sein LED dan lampu belakang, karena dia merasa lampu sein bawaan model bohlam biasa kurang pas untuk desain dan tampilan keseluruhan NMax yang elegan.

Buat sobat bikers bisa ambil pelajaran dari kisah Bro Reza, datang ke dealer dan coba lakukan tes ride apabila bingung memilih motor. Agar lebih puas memilih motor mana yang akan dipinang sesuai dengan karakter dan pribadi masing-masing.

See you 🙂

4 Balasan untuk “Konsumen Ini Memilih Yamaha NMax 155 ABS Dibanding PCX 150 Lokal”

Tinggalkan Balasan