Launching All New Suzuki Ertiga Batam : Banyak berubah Namun Harga Tetap

Suzuki Indomobil Batam akhirnya merilis varian baru dari generasi Ertiga setelah sebelumnya PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) terlebih dulu memperkenalkan All New Suzuki Ertiga di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 (19/4) lalu. Acara yang berlangsung di atrium Kepri Mall Batam ini mengundang komunitas dan konsumen Suzuki Indomobil Batam, serta para media, jurnalis dan blogger.

Rudy Wijaya selaku Branch Manager Suzuki Indomobil Batam mengatakan “kami sangat senang bisa memperkenalkan All New Suzuki Ertiga kepada masyarakat Batam. All New Suzuki Ertiga hadir dengan perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya. Dari sisi eksterior, All New Suzuki Ertiga menerapkan desain progresif yang khas dan menarik. Sisi interior bergaya premium yang semakin memperkuat citra elegan All New Suzuki Ertiga. Selain itu, All New Suzuki Ertiga juga telah dilengkapi dengan platform terbaru HEARTTECT dan mesin terbaru yang memberikan performa responsif namun tetap irit bahan bakar”, ujarnya.

Untuk dimensi All New Suzuki Ertiga ini lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm. Walau begitu tidak mengurangi kelincahannya, radius putarnya adalah 5,3 m. Dan yang tidak kalah menarik adalah bobotnya yang lebih ringan 50 kg dari Ertiga yang lama, inilah salah satu faktor yang membuat Ertiga terbaru lebih irit. All New Suzuki Ertiga sudah lulus uji emisi EURO 4 dengan kapasitas mesin yang naik 1.462 cc, konsumsi bahan bakar diklaim makin irit lagi. All New Suzuki Ertiga bertransmisi Automatis, satu liternya bisa mencapai jarak 16,73 km. Dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual, irit juga ya untuk mobil berkapasitas 1.500 cc.

Bukan hanya lebih irit, dengan tenaga dan torsi yang menjadi lebih besar akan membuatnya semakin responsif mendorong bobot mobil yang semakin ringan. Mesin baru dengan kode K15B ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga puncak 104 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 138 Nm di putaran mesin 4.400 rpm.

EKSTERIOR

Sebenarnya saya agak kesulitan mengambil foto All New Suzuki Ertiga ini, karena jagoan baru mobil keluarga dari pabrikan Jepang berlogo S ini menyita perhatian pengunjung. Jadi disini saya akan melampirkan foto seadanya dulu, lebih baik mengambil foto setelah acara selesai dan unit sudah berada di dealer.

Bila sobat melihat aslinya, 60% lebih tampilan Ertiga lama sudah hilang. Hanya bagian grille bagian depan yang masih kuat, itupun sudah lebih agresif. Finishingnya makin halus, lebih tinggi dan lebar dengan sentuhan aksen kombinasi hitam berpadu krom yang membuatnya terlihat agresif namun elegan. Tampang depan Suzuki Ertiga 2018 ini juga semakin berani dengan bumper depan yang terlihat lebih tinggi berpadu lower grille terintegrasi dengan fog lamps.

Desain headlamp baru tampil lebih mewah, lebih terang, penyinaran lebih luas namun tetap fokus sehingga tidak membuat silau. Begitu juga dengan rear lamp yang kekinian, kesannya modern dan elegan.

Lekuk garis body depan seperti di kap mesin juga lebih berani, namun tetap senada dengan bentuk headlamp nya yang baru. Tidak kalah dari tampilan depan, bagian samping juga terlihat mengalir serasi secara keseluruhan. Garis bahu yang dinamis dengan lekukan yang dalam, yang menegaskan alur body aerodinamis.

INTERIOR

Perubahan dimensi yang lebih besar, otomatis semakin membuat ruang kabin dan leg room All New Suzuki Ertiga menjadi lebih lapang untuk diandalkan sebagai mobil keluarga, tentu ruang bagasi juga semakin luas. Jok baris ketiga dapat dilipat dengan konfigurasi 50:50, apabila ingin memuat barang yang lebih banyak lagi. Jok baris kedua juga dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40 untuk memudahkan naik/turun penumpang di baris ketiga, dan dapat dimajukan kedepan untuk memberi ruang kaki yang lebih lega untuk penumpang di jok baris ketiga.

Suzuki Ertiga 2018 mempunyai fitur Engine Push Start/Stop, untuk menghidupkan mobil tidak perlu anak kunci lagi. Tinggal pencet tombol bersamaan menekan pedal kopling, dan untuk mobil bertransmisi otomatis sambil menekan pedal rem.

Desain flat bottom steering wheel tampil modern, stylish sekaligus elegan dengan dilapisi aksen kulit.

Desain dan dimensi dashboard tampak lapang dan tampil premium dengan aksen guratan ornamen kayu, dipadukan Head Unit Touch Screen untuk memudahkan pengoperasian entertainment yang bisa terkoneksi melalui bluetooth. Sehingga menambah bangga dan praktis bagi pemilik Alll New Suzuki Ertiga sebagai mobil keluarga modern dan premium. Tidak ketinggalan soket portal USB 12V di bagian depan dan konsol tengah untuk mendukung mobilitas pemiliknya saat ingin mengisi daya smartphone.

Bagian seat didominasi nuansa dengan two tone colour (GL, GX) dari bahan fabric high grade yang elegan. Semakin fungsional dan nyaman, Suzuki Ertiga 2018 ini disematkan banyak kompartemen untuk meletakkan barang-barang dibagian depan, juga di pintu baris kedua hingga bagian belakang. Semakin kece dengan adanya Ventilated Cup Holder yang bisa menjaga botol atau kaleng minuman tetap dingin, cocok banget nih tuk yang buka puasa dijalan.

FITUR KEAMANAN dan KENYAMANAN

Fitur keamanan interior All New Ertiga terdiri dari Dual SRS Airbag bagian depan, ada juga pengait ISOFIX baru dengan bentuk dan ukuran mekanisme yang sudah sesuai dengan standar ISO child safety seats jika berkendara bersama balita atau bayi. Juga perangkat safety lainnya seperti Front Seatbelt 3 Point’, Smart Entry, Immobilizer, Chlid Proof Door Lock dan Security Alarm.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang saat berkendara, All New Ertiga memiliki platform HEARTECT yang dapat meningkatkan faktor keselamatan, body lebih ringan dan irit bahan bakar. Tidak ketinggalan fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECT), berupa keselamatan standar melindungi penumpang ketika terjadi benturan. Juga Side Impact Beam untuk memberikan perlindungan jika ada benturan dari sisi samping.

Dengan implementasi HEARTECT, All New Ertiga memiliki dua sistem suspensi, yakni suspensi bagian depan mengadopsi McPherson Strut with Coil Spring yang mampu meredam guncangan di jalanan rata maupun bergelombang. Sedangkan bagian belakang Torsion Beam with Coil Spring, untuk menjaga kestabilan saat berbelok dalam kecepatan tinggi.

Pada tipe GX ESP, dilengkapi fitur Electronik Stability Programme (ESP) yaitu teknologi yang membuat pengereman dan kestabilan saat jalan licin atau saat belok yang mencegah oversteer dan understeer. Sayangnya untuk type ini belum ready stock, harap bersabar ya sob.

Selain itu juga ada teknologi Hill Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada di permukaan miring. Serta dilengkapi ABS yang dipadukan Electronik Brake Force yang bertugas membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda, sesuai beban dan kondisi pada roda.

HARGA

Desain terbaru All New Ertiga ini adalah hasil riset Suzuki sejak Ertiga generasi pertama diluncurkan pada 2012 silam, semuanya berdasarkan masukan dan keinginan masyarakat di Indonesia untuk kendaraan Multy Purpose Vehicle (MPV). Produksi All New Suzuki Ertiga ini pun berlangsung di pabrik terbaru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat dengan kandungan bahan lokal sebanyak 84%. Mungkin inilah salah satu kunci yang membuat harga All New Suzuki Ertiga lebih murah dibanding kompetitor Low MPV kelas 1.500 cc, IMHO.

Kabar baiknya lagi untuk konsumen Batam, harga All New Suzuki Ertiga sama dengan harga Ertiga lama. Rp 175.000.000 untuk tipe GA, Rp 206.000.000 untuk tipe GL Automatic dan Rp 216.000.000 untuk tipe GX Automatic.

Untuk pilihan warnanya, ada dua tambahan warna baru yaitu Glorius Brown Pearl Mettalic dan Magma Grey Mettalic. Sedangkan pilihan lainnya adalah Snow White Pearl, Radiant Red Pearl, Silky Silver Mettalic, Burgundy Read Pearl dan Cool Black Pearl Mettalic.

Buat sobat di Batam yang penasaran silahkan kunjungi pamerannya di Atrium Kepri Mall, juga ada unit tes drive di parkiran. Dapatkan potongan harga 10 juta rupiah untuk trade in, potongan angsuran 6 juta rupiah dan angsuran cicilan hingga 7 tahun. Penawaran tersebut hanya berlaku saat acara tersebut berlangsung hingga tanggal 29 Mei nanti.

See you 🙂

Tinggalkan Balasan