Membersihkan Rantai Bisa Berakibat Fatal

Terluka bahkan jari bisa putus, yup begitulah resiko membersihkan sendiri rantai motor kesayangan. Alih-alih ingin belajar sendiri atau mungkin percaya bahwa dengan membersihkan sendiri rantai hasilnya lebih maksimal, akhirnya malah membahayakan diri sendiri. Seperti foto terlampir yang saya ambil dari postingan grup Facebook Thailand, tangan pemilik terjepit rantai dan gir belakang. Foto tersebut sudah melalui editing yang saya lakukan, karena terlalu ngeri lihat aslinya. Tangan owner tersebut bukan hanya terluka, bahkan jari tengahnya cidera cukup parah hingga terlihat warna putih (sepertinya itu adalah tulang).

Memang tidak ada salahnya membersihkan rantai sebagai apresiasi pemilik untuk merawat sepeda motornya, tapi sobat mesti ingat! Terlalu bersih juga malah membuat rantai tidak lebih awet, karena gesekan tanpa pelumas justru membuat suhu rantai dan gir menjadi berlebih. Rantai tetap butuh pelumas, nahh..pelumas tersebut memang membuat kotoran akan menempel. Jadi, sebaiknya bagaimana yang benar? Rantai tetap harus dibersihkan, simak tips berikut dari lamikgemini.com ;

Pertama, cari waktu luang yang cukup agar tidak membuat terburu-buru. Bila dilakukan secara tergesa-gesa hanya akan membuat pikiran tidak fokus dan menjadi lalai yang mungkin mengakibatkan cider.

Kedua, putar ban secara manual dengan tangan bukan digerakkan oleh mesin. Itupun dengan cara menyentuh tapak ban, bukan memutar jari-jari atau palang pelek motor. Bersihkan per bagian, gerakkan ban secara bertahap, bukan membuat ban berputar secara terus menerus.

Ketiga, gunakan cairan pembersih khusus yang mudah merontokkan kotoran. Agar lebih maksimal, gosok dengan sikat gigi bekas, jangan sikat sepatu atau sikat kamar mandi atau sikat apapun bentuknya yang tidak mempunyai gagang untuk dipegang. Logikanya semakin panjang gagang, akan semakin menjauhkan resiko jari dan tangan terjepit rantai dan gir.

Keempat, setelah bersih langsung disemprot pelumas khusus rantai. Tidak perlu lebay sob! Bedakan arti mengkilap dan bersih, tujuannya membersihkan rantai dan gir. Bukan membuatnya mengkilap seperti baru, kalau gak mau kotor, yaa..gak usah dipake motornya!

Tidak perlu nafsu, disini kita berpikir rasional dengan sayang motor juga tetap harus sayang dengan diri sendiri. Kalau sudah cacat, malah penyesalan yang didapat!

See you 🙂

Tinggalkan Balasan