Menurut AHM Rangka Retak Honda CB150 SF Disebabkan Konsumen, Berikut Tips Menghindarinya

Bila sobat termasuk bikers yang rajin melihat informasi berbagai media online, mungkin sobat mengetahui adanya kasus retaknya rangka Honda CB150 SF. Memang tidak menimpa seluruh pemiliknya, namun beberapa kejadian yang terjadi juga tidak hanya sekali. Dari generasi pertama hingga generasi kedua Honda CB150 SF tidak luput dari kejadian naas yang menimpa pemiliknya.

Curhatan pemilik Honda CB150 SF yang rangkanya retak di media sosial tersebut sontak viral, bahkan rangka All New Honda CB150 SF yang merupakan generasi kedua sampai patah. Bukan hanya karena retaknya, berita tersebut viral karena pemilik tidak bisa klaim kepada pabrikan. Mungkin itulah yang menarik simpati para netizen, namun untung tak dapat diraih dan naas pun tidak bisa dihindari. Kerugian yang didera pemilik tentu tidak bisa langsung diterima pabrikan sebagai kesalahan produksi, karena tidak semua motor yang mengalaminya.

Seperti video milik ferboes.com via semarmotoblog.com yang dishare di Instagram mengenai tanggapan pihak PT. Astra Honda Motor (AHM) soal kasus rangka Honda CB150 SF, yang kemudian saya share lagi di Instagram saya. Untuk videonya, klik (@lamik_gemini)

Berikut petikan videonya yang saya sadur dari semarmotoblog.com ;

Kami setelah melakukan pengecekan, kebanyakan frame yang retak itu dari konsumen sendiri yang telah melakukan modifikasi. Jadi rata-rata pernah melakukan modifikasi, intinya di bagian cover atau dibagian tengah engine. Jadi ada beberapa torsi-torsi atau pengencangan bautnya kurang tepat. Tapi tidak menutup kemungkinan, kami juga telah melakukan beberapa improvement untuk hal tersebut.

Dengan bahasa diplomatis membuat saya tidak yakin untuk mengartikan sendiri tanggapan dari AHM tersebut, silahkan sobat artikan sendiri menurut pribadi masing-masing. Lebih baik kita ambil hikmahnya dan mengambil langkah pencegahan, seperti yang saya rangkum di bawah ini ;

JANGAN MEMODIFIKASI MOTOR

Sebaiknya biarkan motor dalam keadaan standar alias tetap bawaan pabrik, agar tidak menambah beban dari frame alias rangka Honda CB150 SF.

HINDARI MUATAN BERLEBIH

Membawa penumpang lebih dari satu orang, ataupun membawa barang bawaan berlebih tentu akan semakin membuat rangka Honda CB150 SF semakin tersiksa.

SELALU SERVIS DI BENGKEL RESMI

Mekanik resmi tentu lebih mengerti cara menangani motor, seperti halnya ukuran kekencangan baut dudukan mesin atau cover body ke rangka. Bila ketiga cara diatas sudah dilakukan, kemungkinan kasus seperti rangka retak tidak terjadi pada Honda CB150 SF. Namun bila masih terjadi, mungkin sobat sedang kurang beruntung saja.

PERKUAT SASIS

Memperkuat sasis dengan cara mengelas pelat tambahan ke rangka bukanlah hal yang dianjurkan pabrikan, tapi kalau saya pribadi setuju saja dengan seperti itu. Seperti yang diposting akun Facebook yang bernama Mas Sayur, beliau mengunggah foto rangka Honda CB150 SF yang tambah dengan pelat bordes.

Semoga rangka motor Honda CB150 SF sobat sehat selalu dan terhindar dari kasus serupa, ambil hikmahnya saja.

See you 🙂

4 Balasan untuk “Menurut AHM Rangka Retak Honda CB150 SF Disebabkan Konsumen, Berikut Tips Menghindarinya”

Tinggalkan Balasan