Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor : Pilih Bengkel Resmi Atau Biasa?

Artikel kali ini terinspirasi dari pengalaman pribadi Lamik dalam merawat sepeda motor milik sendiri, dan juga sering mendapat pertanyaan tentang perawatan dan perbaikan sepeda motor. Bahkan tidak sedikit menanyakan tentang kendaraan bermotor roda 4 alias mobil, jawaban dan referensi dari Lamik Gemini tentunya ada dua yaitu bawa ke bengkel resmi dan ke bengkel luar alias bengkel biasa. Dalam penyebutan bengkel biasa sebenarnya hanya bertujuan agar lebih mudah dalam penyebutan judul maupun penulisan dalam artikel, maksud Lamik adalah faktanya bengkel biasa atau bengkel luar/bukan bengkel resmi pabrikan terdapat banyak bengkel spesialis. Seperti contohnya spesialis rangka, spesialis cat dan body, spesialis Air Conditioner (AC), spesialis radiator dan lain sebagainya.

Kembali ke topik, dalam menjawab pertanyaan perawatan ataupun perbaikan yang ingin dilakukan adalah tergantung dari kasus yang dialami. Tapi, jujur saja jawaban Lamik tetap memberi referensi ke bengkel resmi sebagai pilihan utama. Tentunya Lamik juga sertakan pertimbangannya, setelah itu Lamik juga tetap berikan opsional bagaimana kalau ke luar bengkel resmi. Apa saja pertimbangannya? Keuntungan apa yang bisa didapat dengan perawatan ataupun perbaikan di bengkel resmi? Kapan atau kenapa kita bengkel luar?

Berikut beberapa penjabaran versi Lamik Gemini :

BENGKEL RESMI

Servis dan Pergantian Sparepart

Di bengkel resmi biasanya kebanyakan konsumen melakukan servis rutin atau servis ringan dan pergantian sparepart fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling dan lampu. Tentu servis berat hingga mengganti rangka merupakan keahlian khusus dari bengkel resmi. Namun, biasanya untuk modifikasi kendaraan tidak dianjurkan bengkel resmi karena berhubungan dengan garansi. Kecuali, menggunakan variasi dari vendor resmi pabrikan yang terlebih dulu mereka uji kelayakan, kualitas dan keamanan bagi pengendara maupun kendaraannya.

Keamanan & Kenyamanan

Bengkel resmi mempunyai standar operasional, termasuk diantaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Keamanan bukan hanya dilihat dari faktor parkir kendaraan yang diawasi security staff dan kamera pengawas. Dari letak ruang tunggu hingga penanganan penanggulangan kebakaran juga menjadi perhatian khusus, itulah salah satu alasan diberikan ruang tunggu yang nyaman bagi konsumen mereka. Jadi, jangan ragu lagi kenapa kita tidak boleh dekat dengan mekanik yang sedang mengerjakan sepeda motor kita.

Tenaga Ahli Terlatih

Dari sales counter hingga semua bagian mekanik diberikan pelatihan khusus. Setiap ada produk facelift hingga produk baru, mekanik diberikan pelatihan dengan memperbarui informasi hingga cara penanganannya. Apalagi sejak era injeksi, semua sepeda motor dilengkapi dengan system pengapian, ECU, injektor hingga sensor yang tidak sedikit jumlahnya yang dipasang di sepeda motor sobat. Alat diagnosa pun menggunakan sistem komputerisasi, mampukah dan selengkap bengkel resmikah bengkel biasa?

Peralatan Lengkap

Bukan hanya lengkap juga peralatan seperti kunci, obeng dan sebagainya dipastikan yang berkualitas tinggi. Alat dan mekanik yang baik tentu meminimalisir kerusakan pada baut, contohnya baut yang aus karena kesalahan mekanik yang kurang terampil yang menggunakan perkakas dengan kualitas jelek. Coba sobat bayangkan bila pengapian, sensor dan ECU sobat rusak karena kesalahan mekanik dan alat yang tidak berkualitas? Ujung-ujungnya kembali ke bengkel resmi untuk memperbaikinya.

Jaminan Kualitas

Semua sparepart yang dijual bengkel resmi dijamin kualitasnya karena mereka memiliki standar kualitas pabrikan. Contohnya, pompa bensin yang sama tipe dan merek akan berbeda harganya antara yang dijual bengkel resmi dan toko sparepart biasa. Karena walaupun sama, yang dijual bengkel resmi telah melewati tes uji atau Quality Control. Itulah salah satu alasan kenapa bengkel resmi berani memberi garansi, apabila terjadi kerusakan sebelum masa berlaku garansi habis maka, bengkel bisa memberikan pergantian dengan sparepart yang baru.

Klaim & Garansi

Hal ini sering disepelekan dan dilupakan konsumen, pabrikan memberikan garansi dengan hitungan waktu atau jarak tempuh sepeda motor. Selama sobat melakukan servis dan pergantian sparepart sesuai anjuran pabrikan, sobat bisa melakukan klaim garansi. Selama kerusakan itu terjadi bukan karena kesalahan pengendara, contohnya karena kasus kecelakaan. Biasanya bengkel resmi terlebih dahulu memeriksa history perawatan dan pergantian sparepart kendaraan, kalau sobat selama ini servis diluar bengkel resmi dan menggunakan oli yang tidak sesuai anjuran pabrikan maka, jangan terlalu berharap dapat dikabulkan klaim garansinya.

After Sales

Point terakhir ini juga sering diabaikan, after sales atau nilai jual kembali. Kebanyakan bikers mengukur harga bekas dari harga jual di pasaran apabila ingin menjual sepeda motornya. Stop berpikir terbelakang seperti ini! Motor yang dilengkapi buku servis dengan catatan perawatan dan perbaikan di bengkel resmi akan mendapat nilai tambah, apalagi jika masih memiliki kartu/buku garansi! Jangan ragu untuk menaikkan harga motornya diatas harga pasaran apabila ingin menjual sepeda motornya.

BENGKEL LUAR / SPESIALIS

Harga

Biasanya bengkel tidak resmi menjadi pilihan karena alasan harga. Mulai dari biaya servis/perbaikan hingga harga sparepart bisa lebih murah dari bengkel resmi, terkadang malah ditawar agar harganya makin murah.

Optional Sparepart

Mulai dari barang palsu yang bisa lebih murah harganya, hingga barang yang tidak tersedia di bengkel resmi menjadi alasan konsumen memilih bengkel tidak resmi. Contohnya motor yang sudah stop/tidak produksi lagi oleh pabrikan, biasanya susah untuk mendapatkan onderdil.

Relationship

Alasan klasik karena kenal dengan orang bengkel tidak resmi, keluhan dapat dengan leluasa disampaikan. Dapat berlama-lama berkomunikasi di bengkel, hingga tidak harus mengantri lama. Bahkan ada juga yang melakukan pembayaran dengan cara mencicil alias hutang, merupakan keunikan tersendiri di bengkel tidak resmi.

Modifikasi

Tidak semua hal yang bisa dilakukan bengkel resmi, disinilah kemenangan bengkel tidak resmi. Modifikasi! Karena biasanya bengkel resmi hanya melakukan yang sesuai dengan anjuran pabrikan, beda halnya kalau untuk tim balap pabrikan.

Itulah sedikit penjabaran versi Lamik Gemini, sekiranya ada yang kurang silahkan sobat tambahin sendiri. Bila ada salah, mohon koreksinya. Semoga berguna dan bermanfaat..

See you 🙂

Tinggalkan Balasan