Tips Agar Rantai dan Gear Motor Lebih Awet

Sejak mulai ditemukan sepeda motor roda dua, rantai dan gear menjadi system penyalur tenaga mesin ke roda belakang terbaik dan terlaris di Indonesia. Saat era keemasan motor bebek digerus oleh motor sekuter matic, cara perawatan gear set sepertinya mulai terlupakan oleh pemilik sepeda motor. Walau skutik lebih mudah dalam pengoperasiannya, namun sebenarnya sistem penggerak rantai jauh lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan CVT motor skutik.

Walaupun tergolong lebih mudah, faktanya masih banyak bikers yang belum tahu cara merawat rantai dan gear motor agar lebih awet. Padahal harga satu set (gear depan-belakang + rantai) genuine tidak bisa dianggap murah, namun perawatannya masih dianggap remeh. Berikut tips agar rantai dan gear lebih awet versi Lamik Gemini :

JAGA KEBERSIHANNYA : Rantai dan gear yang terdapat kotoran, apalagi pasir dan logam halus ikut berputar dan menggerus lapisan rantai dan gear. Selain menimbulkan bunyi berisik, kotoran yang menempel juga membuat kinerjanya semakin berat. Bermacam tips cara membersihkan yang bisa sobat cari di internet namun, hindari dengan cara merendam rantai. Karena dapat menghilangkan pelumas di dalam sambungan rantai. Bila sudah terlanjur, gunakan dengan cara yang sama untuk pelumasannya. Agar pelumas dapat menjangkau celah di dalam sambungan rantai.

JAGA PELUMASNYA : Selain menimbulkan suara berisik, rantai yang kering membuat beban kinerjanya semakin berat. Suhu rantai dan gear juga semakin tinggi akibatnya, semakin mudah tergerus dan membuat pendek umur pemakaiannya. Hindari menggunakan oli mesin bekas sebagai pelumas, karena logam yang tidak kasat mata akibat gesekan mesin ikut terbawa saat mengganti oli mesin.

JAGA TEKANAN ANGIN BAN : Semakin kurang angin ban (kempes) semakin berat tarikan motor, maka semakin berat pula kinerja rantai dan gear. Hindari tekanan angin ban yang terlalu kencang karena dapat membuat redaman bantingan ban semakin keras, juga dapat membuat berkurangnya permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal. Sebaiknya isi angin ban sesuai dengan yang dianjurkan.

HINDARI BEBAN BERLEBIH : Sebaiknya bawa muatan barang atau membawa penumpang sesuai anjuran pabrikan, jangan melebihi ambang batas maksimal. Selain membuat rantai dan gear menjadi awet, konsumsi bahan bakar juga akan semakin irit.

SAMBUNG RANTAI SAAT DARURAT SAJA : Lamik dan sobat pembaca mungkin pernah mengalami putus rantai saat berkendara, hingga terpaksa menyambung rantai ala kadarnya di bengkel darurat. Sebaiknya segera diganti karena, kualitas sambungan bawaan asli tentu lebih terjamin.

Itulah tips cara merawat rantai dan gear motor agar lebih awet versi Lamik Gemini, semoga berguna untuk motor bebek/sport sobat. Usahakan selalu menggunakan onderdil asli atau, spek yang sesuai anjuran pabrikan. Selain semakin awet dan membuat irit bahan bakar, rantai dan gear yang terawat membuat tarikan motor sobat semakin ringan.

See you 🙂

Tinggalkan Balasan