Yamaha FreeGo 125, Skutik Mini Dengan Fitur Maxi

Setelah melepas YZF R25 dan R3 Facelift secara serentak (lokal dan global), kini PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali memperkenalkan varian skutik (skuter matik) ke pasaran. Desain skutik berkapasitas mesin yang identik dengan Yamaha Mio S 125 cc berpendingin udara ini sekilas mirip dengan Mio Soul, namun YIMM tidak membawa Casting Wheel legendaris mereka. Bahkan nama Mio pun tidak ikutan ke skutik anyar ini, nama untuk skutik baru ini adalah Yamaha FreeGo. Menurut saya YIMM kembali membuka pasar baru untuk penyuka scooter bertransmisi otomatis.

Yamaha FreeGo memang terlihat mini dengan lingkar roda 12 inci, namun dipersenjatai dengan fitur secara Maxi. Yamaha secara maximal memberikan fitur yang dimiliki varian skutik MAXI Family nya untuk FreeGo. Ada tiga tipe pilihan FreeGo, untuk type standar dijual dengan harga Rp. 18.500.000, lalu ada type S dengan harga Rp.19.700.000, dan yang tertinggi adalah FreeGo S + ABS Rp.22.500.000. Perlu dicatat ketiga harga tersebut adalah harga OTR Jakarta, setiap daerah bisa jadi berbeda harganya.

Ketiga varian Yamaha FreeGo sudah beragam fitur andalan, seperti teknologi blue core, diasil forged piston, lampu hazard, side stand switch, smart lock (rem parkir tangan), smart motor generator (elektrik starter bebas berisik), ban tubeless (100/90 depan & 110/90 belakang), panel speedometer digital, electric power socket (USB charger), headlamp LED, bagasi 25 liter (lebih besar dari NMax), dan yang paling beda adalah dek tetap rata tapi tidak perlu turun dan membuka jok untuk isi bahan bakar, tinggal buka tutup lubang pengisian bahan bakar yang terletak di konsol bagian depan. Tentu ada yang membedakan FreeGo type standar dengan FreeGo S dan FreeGo S ABS.

Untuk varian S tetap memiliki semua fitur yang ada di varian standar, namun FreeGo S sudah dilengkapi Smart Key System (tanpa anak kunci) yang lebih aman dari tindakan pencurian kendaraan bermotor. Dan untuk varian S + ABS tetap memiliki semua fitur FreeGo standar dan FreeGo S, bedanya FreeGo S ABS memiliki pengereman ABS (Anti-lock Brake System). Tidak ada perbedaan warna antara FreeGo S, kecuali logo ABS yang terdapat di front fender FreeGo A ABS. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey.

Dan untuk varian FreeGo standar ada warna Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White.

Berikut spesifikasi resmi Yamaha FreeGo

Mesin
Tipe Mesin : Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder : Single Cylinder
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Volume Silinder : 125 cc
Daya Maksimum : 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter : Electric & Kick Starter (Standart)
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Kapasitas : Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling Single : dry clutch
Tipe Transmisi : Full Automatic

Dimensi
P x L x T : 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda : 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk : 778 mm
Berat Isi : 100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin : 4,2 L

Rangka
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Unit Swing
Ban Depan : 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang : 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan : Single Disc Brake
Rem Belakang : Drum Brake

Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI / Transistor
Battery : YTZ7V
Tipe Busi : CR6HSA

Tinggalkan Balasan