Yamaha Sunday Race : Sensasi Fun Race ala Profesional Bagi Konsumen & Komunitas 

Semua peserta Sunday Race berpose Z

Yamaha Sunday Race Round 3 yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 September 2017 adalah kali kedua Lamik Gemini mendapatkan kehormatan menghadiri event tersebut. Pada kesempatan pertama di Round 1, Lamik masih terfokus pada sirkuit dan All New Yamaha R15 VVA.

Namanya juga blogger ndeso, pertama kali datang ke Sentul pasti plangak-plongok, celingak-celinguk sambil bergumam dalam hati, lihat sirkuit yang besar bilang WOW, ada paddock dan pit stop besar nyebut WAW. Pas lihat umbrella girl gak komen apa-apa, cuma menelan air liur.. cleeguukkk..!! Aahhh..sudahlah..

Pit Team YROI, ada pembalap dari Batam, tunggu artikel selanjutnya

Tetap adem dipayungi Umbrella Girl

Cinta pada pandangan pertama (selain istri) yaa jatuh kepada All New Yamaha R15 VVA, desainnya aduhai seperti moge 1000cc, Yamaha YZF R1. Ingin hati memeluk gunung, tapi ada daya dompet tak sampai.. huufftttt

Nahh..tibalah kepada inti tulisan ini, dan juga inti dari tujuan Lamik menghadiri undangan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada perhelatan Yamaha Sunday Race Round 3 ini, yang dihadiri oleh seluruh petinggi PT. YIMM dan para perwakilan sponsor.

Petinggi Yamaha dan Sponsor menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Opening Ceremony Yamaha Sunday Race Round 3

GM After Sales & Public Relation PT. YIMM, M. Abidin

Tetap support pembalap lokal, Galang Hendra

Lamik pengen tahu pake banget sejarah dan tujuan dari event yang digelar layaknya balap professional ini. Kenapa? Karena event ini ditujukan untuk konsumen dan komunitas R Series, namun pelaksanaan dan tempatnya dikemas secara komplet.

Podium stage

Press room

Suasana jadi pecah dan bising saat ribuan bikers melakukan victory lap

Mulai dari kualifikasi, balap, podium hingga press conference, semua peserta dan pemenang diperlakukan bagai pembalap profesional. Tidak hanya yang ikut balap, victory lap tidak lupa dilaksanakan agar para komunitas pengguna motor Yamaha dapat mengetahui bagaimana melintasi sirkuit Sentul. Hiburan, pameran, test ride, service dan berbagai doorprize menarik diberikan Yamaha dan semua sponsor Sunday Race ini.

Selain aktifitas di sirkuit, berbagai acara dan pameran makin meriahkan susasana

Service Area

Games dengan hadiah helm yang menggiurkan

Berbagai tawaran produk dan potongan harga instimewa dari sponsor

​​
Dan akhirnya tanpa bersusah payah, yang awalnya Lamik selalu mengintai Bapak M. Abidin yang susah untuk Lamik dapat kesempatan karena beliau selalu sibuk mengawasi, mengontrol dan berbincang dengan semua orang. Yaa namanya juga General Manager After Sales & Public Relation PT. YIMM, tentulah tugasnya seperti itu. Tibalah kesempatan beliau yang datang sendiri ke press room saat para blogger dan rekan media sedang istirahat selepas makan siang. Dengan ramahnya dan tanpa bertanya beliau menjelaskan rasa penasaran Lamik tentang Sunday Race. Sayangnya HP Lamik error sehingga tidak dapat merekam perbincangan tersebut. Namun, akan Lamik jelaskan dan tuliskan dibawah ini secara non formal.
Yamaha Sunday Race memang ditujukan sebagai wadah dan ajang yang bisa mengumpulkan seluruh komunitas,  profesional, pengguna motor Yamaha.

Konsep dan riset Yamaha Sunday Race sudah lama dilakukan, karena menitikberatkan kepada aspek keselamatan.

Itulah kenapa Yamaha Sunday Race hanya dilakukan di Sentul International Circuit, serta pembalap memakai safety gear lengkap. Karena hanya Sirkuit Sentul yang dinilai paling aman diantara semua sirkuit yang ada di Indonesia.

Bukan hanya safety gear lengkap, tim kesehatan juga dipersiapkan. Baik pengecekan kesiapan kesehatan pembalap sebelum race maupun kesiapan bila terjadi crash. Selain dari marshal yang ada di sirkuit.

Dengan semua persiapan tersebut, diharapkan dapat memberi rasa aman dan meminimalisir resiko. Jadi bukan hanya asal balap, karena 

Sunday Race ini ditujukan untuk semua user Yamaha, baik perorangan, komunitas maupun profesional. Ketika semua melebur jadi satu, para profesional tentu lebih terasah dan terampil, contohnya dengan racing line, titik pengereman maupun cara overtake yang aman.

Lebar sirkuit sentul lebih memenuhi syarat andaikata ada 3 atau lebih pembalap masuk tikungan secara bersamaan, kebayang kan kalau ngebut di sirkuit sempit yang tidak selebar Sentul? Bisa membuat resiko bersenggolan semakin besar.

Lagi-lagi demi keselamatan, adanya rencana untuk membuka kelas baru atau regulasi baru. Hal ini dikarenakan Sunday Race yang bersifat fun race mulai membuat pace atau kecepatan yang tidak bisa dianggap remeh. Para profesional makin mempertajam waktu, makanya masih dipikirkan kepastian apakah membuat regulasi yang lebih ketat lagi untuk mengurangi kecepatan, atau kelas baru. Namun dilema kelas baru yang memberi kelonggaran atau kebebasan mengoprek motor adalah dana, sedangkan Sunday Race ini konsepnya adalah fun race yang bisa menjangkau semua konsumen atau komunitas.

Dengan nada sedikit lebih santai dan lebih fun, M. Abidin menceritakan sedikit tentang anak komunitas yang pernah ikut merasakan balap ataupun sekedar victory lap. Setelah mengikuti Sunday Race, mereka lebih tertata cara riding di jalan, baik dalam berkendara sehari-hari ataupun yang suka turing. Mereka mengaku lebih sopan dan beretika dijalan, tidak ada lagi gaya cornering ataupun pura-pura jadi pembalap MotoGP. Dan ada juga yang bilang, tidak selalu tentang seberapa jauh touring, namun seberapa cepat laptime di Sentul.. hahayyy bisa aja si Bapak.

Tercyiduk sudah, Yamaha Sunday Race sudah lama di riset dan dipersiapkan. Semua riset dan yang telah berjalan sampai sekarang selain ajang berkumpul, dilakukan juga untuk memanjakan konsumen Yamaha, juga sebagai ajang edukasi, tanpa mengabaikan unsur keselamatan. Emm..jadi pengen punya R Series agar bisa ikut Sunday Race.

See you 🙂

Tinggalkan Balasan